header

Apa itu Mastodon, jejaring sosial yang kini diblokir Twitter karena jadi saingan berat

Sabtu 17-12-2022 / 18:39 WIB


Apa itu Mastodon, jejaring sosial yang kini diblokir Twitter karena jadi saingan berat

Bagaimana cara bergabung dengan Mastodon?

 


Memulai dengan Mastodon adalah bagian tersulit. Karena Mastodon tidak seperti Twitter, di mana semua orang bisa langsung daftar dan memakainya. Untuk Mastodon maka anda harus mendaftar di server tertentu.

Administrator dapat mengatur server berdasarkan lokasi tempat tinggal kita, apa yang kita minati, apa yang kita lakukan untuk mencari nafkah.

Mastodon.social, yang merupakan server resmi dari proyek Mastodon, dan mstdn.social adalah dua server Mastodon yang paling populer, juga disebut instance. Namun, pendaftaran telah dihentikan sementara di kedua server tersebut. Masthead.social adalah contoh Mastodon yang populer untuk jurnalis, dan fosstodon.org adalah contoh Mastodon yang populer untuk penggemar perangkat lunak open source.


×

Baca juga: Bahaya streaming nonton Yalla Shoot, ini yang aman : Koor Live, Migi dan Yacine TV

Jangan terlalu khawatir tentang server mana yang Anda pilih, karena Anda dapat bergabung sebanyak yang Anda inginkan dan keluar atau berpindah server kapan saja. Anda juga dapat mengikuti orang di server yang berbeda, jadi memilih salah satu bukan berarti Anda tidak dapat berbicara dengan orang lain di server lain.

Situs resmi Mastodon di joinmastodon.org adalah tempat yang bagus untuk mencari server untuk bergabung daftar. Sekitar 80 server telah menandatangani Mastodon Server Covenant, yang mengatakan bahwa mereka akan memberlakukan moderasi, membuat cadangan situs, dan memberikan pemberitahuan setidaknya tiga bulan sebelum mematikan sebuah instance.

Halaman "tentang" untuk setiap server Mastodon akan memberi tahu Anda tentang server seluk-beluk dan tata aturannya. Jika Anda tidak menyukai salah satu server di joinmastodon.org, Anda dapat mencoba direktori Mastodon lainnya, seperti instances.social, yang memiliki wizard untuk membantu Anda memilih server dan daftar 16.412 instance yang dapat Anda cari.

Baca juga: Dunia meta multi verse dalam animasi Spider-Man: Across the Spider-Verse

Sebagian besar server Mastodon dengan pendaftaran terbuka hanya memerlukan alamat email dan kata sandi Anda untuk memulai. Anda dapat mulai menggunakan Mastodon segera setelah Anda membalas email verifikasi. Pada beberapa server Mastodon yang lebih pribadi, Anda mungkin harus membuat permintaan untuk bergabung dan kemudian menunggu undangan.

Bagaimana cara menggunakan Mastodon?

Seperti Twitter, Mastodon memungkinkan Anda mengirim pesan singkat ke seluruh dunia atau sekelompok kecil orang. Alih-alih tweet, pesan-pesan ini disebut "toots" di Mastodon. Banyak fitur Mastodon lainnya juga mirip dengan Twitter, dengan beberapa perbedaan kecil. Setiap posting dibatasi hingga 500 karakter (bukan 280), dan Anda dapat menambahkan tautan, gambar (JPG, GIF, atau PNG, hingga 8MB), file audio (MP3, OGG, WAV, FLAC, OPUS, AAC, M4A, dan 3GP, hingga 40MB), dan video (MP4, M4V, MOV, WebM hingga 40MB).

Di Mastodon, Anda dapat menyetel postingan Anda menjadi publik, hanya untuk pengikut Anda, atau disembunyikan dari semua garis waktu. Anda dapat membuat jajak pendapat untuk pengikut Anda dan menggunakan semua emoji favorit Anda, serta emoji yang dibuat khusus untuk server Anda.

Di Mastodon, Anda bahkan dapat mengubah postingan Anda. Setiap versi toot Anda bisa ditinjau ulang, dan orang-orang yang me-reblog posting Anda diberi tahu ketika itu telah diubah.

Lanjut hal. 3

Sumber:

BERITA TERKAIT