header

Gibran Dukung Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo Tidak Ambil Pusing

Minggu 21-05-2023 / 15:43 WIB


Gibran Dukung Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo Tidak Ambil Pusing

BURUHTINTA.co.id -  Kejutan politik terjadi saat relawan Jokowi-Gibran menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, setelah bertemu dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Kota Solo pada Jumat malam, 19 Mei 2023. Namun, Gubernur Jawa Tengah dan bakal calon presiden PDIP, Ganjar Pranowo, tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

Ganjar Pranowo yang diwawancarai di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada Ahad, 21 Mei 2023, menanggapi dukungan yang diberikan oleh relawan Jokowi-Gibran kepada Prabowo dengan santai. Ketika ditanya mengenai hal tersebut, Ganjar Pranowo hanya mengatakan, "Nggak apa." Ia menyatakan bahwa tidak takut kehilangan suara meskipun relawan Jokowi-Gibran mendukung Prabowo, dengan tegas ia menegaskan, "Saya bukan penakut."


Sebelumnya, Prabowo Subianto sendiri merasakan kejutan dari relawan Jokowi maupun Gibran saat bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka di Kota Solo. Perwakilan dari relawan Jokowi dan Gibran menyampaikan dukungan mereka kepada Prabowo untuk maju sebagai calon presiden pada tahun 2024. Pernyataan dukungan tersebut disampaikan langsung kepada Prabowo setelah sesi makan malam di Angkringan Omah Semar Solo.

Kuasa Koordinator Lapangan (Korlap) Relawan Jokowi-Gibran, Kuat Hermawan, mengungkapkan bahwa ada 15 korlap relawan yang mewakili 100 relawan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kuat menjelaskan bahwa dukungan tersebut muncul setelah melakukan konsolidasi dengan relawan sebelum Lebaran 2023. Dalam pertemuan tersebut, Kuat menyampaikan, "Ini soal sikap. Dari konsolidasi yang dilakukan kemarin, kawan-kawan di Jateng dan Jatim menyampaikan inspirasi kepada kami bahwa 90 persen dukungan (capres) ditujukan kepada Pak Prabowo dan kami pun mengambil sikap untuk mendukung Pak Prabowo."

Prabowo sendiri mengaku kaget dengan dukungan yang diberikan oleh relawan Jokowi-Gibran. Ia menjelaskan bahwa tujuan pertemuan dengan Gibran hanyalah untuk menjalin silaturahmi karena mereka bersahabat. Namun, ketika Prabowo tiba di Solo, ia disambut oleh para relawan yang kemudian menyatakan dukungan untuknya. "Saya terus terang saja agak terdadak. Saya kaget sebab maksud saya datang ke Solo hari ini hanya sekadar melanjutkan ikatan silaturahmi, persahabatan saya dengan Mas Gibran, yang juga sudah datang ke tempat saya di Hambalang dan selanjutnya," ungkap Prabowo.***


×

Sumber:

BERITA TERKAIT