header

Calon Pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024: Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, atau Mahfud MD

Rabu 20-09-2023 / 09:42 WIB


Calon Pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024: Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, atau Mahfud MD

BURUHTINTA.co.id - Ketua DPP PDI-P, Puan Maharani, mengumumkan bahwa peluang bagi AHY dan Ridwan Kamil untuk menjadi pendamping Ganjar di Pilpres 2024 tidak lagi ada. Namun, terdapat beberapa nama lain yang masih dipertimbangkan.

Puan mengungkapkan hal ini setelah acara Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) 1445 H/2023 di Pondok Pesantren Al Hamid Cipayung, Jakarta Timur pada Senin (18/9/2023).


"Nama-nama seperti Erick Thohir, Sandi Uno, Andika Perkasa, dan Mahfud MD masih menjadi opsi," ungkap Puan.

Puan juga menjelaskan bahwa AHY sebelumnya masuk dalam daftar calon pendamping Ganjar, tetapi setelah Partai Demokrat mendukung Prabowo Subianto, nama AHY telah dicoret.

"Awalnya AHY masuk dalam pertimbangan, tetapi karena Partai Demokrat memutuskan untuk bergabung dengan Prabowo, itu tidak mungkin terjadi," kata Puan.


×

Demikian pula dengan Ridwan Kamil, dia juga dihapus dari daftar calon pendamping Ganjar karena Partai Golkar telah mendukung Prabowo Subianto.

"Ridwan Kamil adalah kader Golkar, dan saya mendengar Golkar telah memutuskan bahwa kandidat presiden dan wakil presidennya adalah Airlangga. Jadi tidak mungkin ada seorang kader berada di sini tetapi dukungannya ada di tempat lain," jelas Puan.

Terkait pengumuman nama pendamping Ganjar, Puan menyatakan bahwa mereka masih berkoordinasi dengan internal partai termasuk dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mereka akan mengeksplorasi semua kemungkinan menghadapi dinamika politik yang ada saat ini.

"Dengan perubahan dinamika seperti ini, pasti akan ada perubahan lagi. Kami akan segera melakukan rapat koordinasi dengan para ketua umum dan juga dengan Ibu Mega terkait dengan perubahan dinamika politik yang sedang terjadi," jelas Puan.

Sumber:

BERITA TERKAIT