header

Mahfud MD dari partai apa: Profil Cawapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024

Rabu 18-10-2023 / 14:18 WIB


Mahfud MD dari partai apa: Profil Cawapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024

Profil Mahfud MD Dari Partai Apa? Ini Riwayat Pendidikan, Organisasi, dan Kariernya

Mahfud MD adalah salah satu figur penting dalam dunia politik Indonesia. Ia baru-baru ini diumumkan sebagai calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Profil Mahfud MD yang komplit mencakup latar belakang pendidikan, peran dalam berbagai organisasi, dan karier politik yang panjang. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang profil Mahfud MD.

  1. Riwayat Pendidikan:

Mahfud MD lahir pada 13 Mei 1957, di Kecamatan Omben, Sampang, Madura. Pendidikan awalnya mencakup pendidikan agama di madrasah diniyyah selain pendidikan umum. Ketertarikannya pada agama dan pendidikan agama terlihat saat ia dikirim ke Pondok Pesantren Somber Lagah di Desa Tegangser Laok ketika masih berusia kelas 5 SD.

Setelah lulus SD, Mahfud MD melanjutkan pendidikannya di Pendidikan Guru Agama (PGA) Negeri di Pamekasan. Pada masa inilah namanya berubah menjadi Mahfud MD karena ada tiga murid lain yang bernama sama. Ia menamatkan PGA selama empat tahun pada tahun 1974.

Mahfud MD kemudian melanjutkan studi ke Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), yang saat ini dikenal sebagai Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Selain itu, ia juga melanjutkan studi hukum di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) dan jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM).


×

Dalam perjalanannya, Mahfud MD mendapatkan beasiswa dari berbagai lembaga, seperti UII dan Yayasan Supersemar, yang memungkinkannya untuk melanjutkan studi pasca sarjana di UGM dalam bidang ilmu politik. Ia bahkan meraih beasiswa dari Tim Manajemen Program Doktor (TMPD) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk studi doktor di UGM.

Lanjut …..

Sumber:

BERITA TERKAIT