header

Nama Asli Anies Baswedan, Profil Biodata dan Silsilah Keluarga

Sabtu 28-01-2023 / 16:30 WIB


Nama Asli Anies Baswedan, Profil Biodata dan Silsilah Keluarga

BURUHTINTA.co.id – Nama lengkapnya adalah Anies Rasyid Baswedan. Ia lahir pada 7 Mei 1969 di Kuningan, Jawa Barat. Rasyid Baswedan adalah nama ayahnya, dan dia mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Ibunya, Aliyah Rasyid, adalah Guru Besar Fakultas Sosial Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Aliyah Rasyid lahir pada tanggal 20 Maret 1940 di Cipicung, Kuningan, Jawa Barat. Aliyah Rasyid memimpin DPP Perempuan Islam di Yogyakarta selama tiga periode sebagai Ketua Umum.


Kemudian, selama 30 tahun, ia bertugas memberikan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa dari keluarga miskin. Anies adalah putra sulungnya. Anies memiliki dua adik laki-laki yaitu Ridwan dan Abdilah.

Anies adalah seorang sarjana dan peneliti yang sangat aktif sebelum terjun ke dunia politik. Pernah bekerja di Pusat Studi Ekonomi Antar Universitas Gadjah Mada. American Indonesian Exchange Foundation juga memberi Anies beasiswa Fulbright.

Pada tahun 1997, Anies mendapat beasiswa sehingga ia bisa menyelesaikan gelar masternya di bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi di School of Public Affairs University of Maryland.


×

Pada tahun 1999, dia pergi ke Universitas Illinois Utara dengan beasiswa untuk belajar ilmu politik. Presiden Joko Widodo menyerahkan jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kepada Anies (Jokowi). Dari 2014 hingga 2016, dia adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Abdurrahman Baswedan, adalah nama kakek Anies, seorang pahlawan nasional dan jurnalis, nasionalis, diplomat, pejuang kemerdekaan, dan penulis Indonesia. Ia juga dikenal sebagai seorang nasionalis dan pejuang kemerdekaan.

Abdurrahman Baswedan juga pernah menjadi anggota BPUPKI, singkatan dari Badan Penyelidik dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Ia bekerja keras menulis UUD 1945 sebagai anggota BPUPKI. Abdurrahman Baswedan lahir pada 9 September 1908, dan meninggal pada 16 Maret 1986.

Abdurrahman dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi pada November 2018 atas kiprah yang telah dilakukannya.

Selain itu, Anies diketahui merupakan sepupu Novel Baswedan yang pernah menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).***

Sumber:

BERITA TERKAIT